Karena Cosplayer ingin Dimengerti, Saatnya Membuka Hati untuk Mereka!

Saturday, February 7, 2015

Cosplay memang bukan hal yang baru saat ini. Pakaian unik ala tokoh-tokoh anime, rambut warna-warni dengan berbagai macam asesoris nyentrik lainnya. Namun sejatinya cosplay pernah mengalami suatu masa dimana kegiatan tersebut dipandang sebelah mata. Bahkan saat ini pun masih banyak orang yang menganggap cosplay itu kegiatan yang aneh, kekanak-kanakan, dan tidak bermanfaat. Itu karena masih banyak ‘muggle’ yang belum tahu fakta-fakta tentang cosplay ini!

1.        Cosplay adalah HOBI

Cosplay adalah hobi (dok. pribadi)
Ya, cosplay adalah hobi, sama seperti membaca, main musik, mancing, berkuda, dll. Dan tidak ada yang salah dengan sebuah hobi, walau hobi tersebut aneh, buang-buang duit, jika kita memang menemukan kebahagiaan dari hobi tersebut, why not? Dan jangan salah, tidak ada hobi yang tidak bermanfaat, begitu juga dengan cosplay. Ber’cosplay’ tidak semudah yang orang kira, tinggal make kostum, wig, udah deh disebut cosplay. Bukan, bukan itu, tapi cosplay juga bermain karakter. Ketika seseorang cosplay, seni akting mereka juga diasah untuk memainkan peran karakter yang mereka kenakan. Dan seni cosplay saat ini juga sudah berkembang, seperti diadakannya lomba kabaret, yang melatih akting di panggung bersama cosplayer lain, seperti CLAS:H dan berbagai lomba yang diadakan pada event jejepangan, dapat hadiah serta juara pula. Selain itu, cosplayer juga berbakat jadi model lho!

2.        Membuat SATU buah kostum itu tidak semudah membeli baju di online shop

Butuh waktu yang tidak sebentar untuk membuat kostum yang sempurna via https://www.facebook.com/pages/Reika/
Apakah kamu tahu bagaimana proses dari membuat sebuah kostum? Ribet bro, ga semudah beli barang di berni*ga.com atau *lx.com, tinggal klik, ketemuan, deal. Membuat sebuah kostum itu dimulai dari beli kain, memilih kain yang cocok, yang bahannya bagus, yang ga panas, dll. Kemudian kita bawa kain ke penjahit, dengan menunjukkan gambar kostum yang akan kita buat. Bahkan ada yang menjahit kostum sendiri lho! Setelah itu menunggu berhari-hari sampai berbulan-bulan hingga kostum jadi. Itu baru kostum! Wig? Kalau pengen yang bagus seperti merk taobao, mesti rela nunggu PO yang lama juga, karena wig tersebut berasal dari China. Belum lagi boots atau sepatu dan berbagai macam asesoris lain. Buat sendiri itu butuh waktu dan ketelatenan, beli juga ga sembarang toko ada yang jual.
See? Ga gampang kan? Walau sekarang banyak online shop yang menawarkan jasa pembuatan kostum sehingga cosplayer instan berjamuran, tapi sesungguhnya seni dari cosplay itu saat pembuatannya, karena membutuhkan kesabaran, dan ada kepuasan ketika menyelesaikannya dengan jerih payah sendiri.

3.        Kalau cosplayer aneh, itu karena mereka sedang menjiwai peran mereka

Cosplay itu bermain peran via http://distortedgenjitsu.deviantart.com
Pernah liat cosplayer yang bertingkah aneh atau tidak sepantasnya? Jangan kaget, itu bukan karena mereka gila. Mereka hanya berusaha menjiwai peran mereka. Seperti yang telah disebutkan pada poin 1, cosplay itu bukan sekedar memakai kostum, tapi juga bermain karakter. Bukankah aneh jika ada Naruto yang kalem dan pendiem? Atau Light Yagami (Death Note) yang cengengesan? Justru itu akan membuat OOC (Out Of Character) dan menodai inti dari cosplay itu sendiri.

4.        Meski begitu, kalau disapa mereka sebenarnya orang-orang yang ramah

Cosplayer adalah orang-orang yang ramah via https://www.facebook.com/keren.wang.10/
Namun, walau cosplayer sedang bermain peran, jangan pernah sungkan untuk menyapa mereka jika bertemu dalam suatu event. Mereka bukan orang-orang yang sombong kok, ajakin aja foto, pasti mau. Dan mereka akan siap beraksi dengan gaya yang aneh-aneh :D

5.        Walau begitu mereka masih sering dicemooh, dikritik bahkan dihujat

Lupakan haters, yang penting tetap senyuuum https://www.facebook.com/hazunocherry/
“Cosplay itu menghancurkan karakter! Cosplay itu ngapain sih? Kurang kerjaan aja! Situ kan ga cantik, ga ganteng, ga cocok jadi karakter itu blablabla...”
Yaps, memainkan sebuah karakter itu ternyata juga tidak mudah. Hal ini juga yang membuat banyak cosplayer newbie berhenti. Mereka dituntut menjadi karakter sempurna. Apalagi orang-orang yang terlalu ‘mencintai’ karakter aslinya, ketika dia melihat tokoh kesayangannya nampak sedikit berbeda, mereka akan mengkritiknya habis-habisan. Percayalah, mereka yang memerankan sebuah karakter biasanya juga menyukai karakter tersebut, dan mereka pasti ingin sesempurna mungkin memerankannya. Tapi, tidak ada manusia yang sempurna guys...

6.        Menjadi cosplayer itu dituntut menjadi orang yang kreatif

Bisa buat kayak ginian bro? via https://www.facebook.com/emperor.aester
Gimana ga kreatif? Tau sendiri kan ribetnya buat kostum? Apalagi kalau ada asesoris yang aneh-aneh. Senapan, pedang, dan berbagai macam asesoris lain, ga semua orang mampu membuatnya lho! Tapi mereka para cosplayer yang memang ‘niat’ akan membuatnya. Memotong busa hati, mencari pernak-pernik yang saking anehnya ga ada yang jual, mengecat, dan akhirnya gagal, lalu ngulangin lagi. Karena setidak sempurnanya mereka, mereka akan berusaha untuk menghasilkan yang terbaik.

7.        Bertemu dengan orang-orang yang berhobi sama membuat mereka mudah akrab satu sama lain

Punya temen baru tiap event via https://www.facebook.com/Yosepet/
Datang event sendiri jadi Luffy (One Piece), eh ketemu Ussop sama Sanji. Ngobrol, nyambung, poto bareng, temenan di Facebook deh. Itulah salah satu kelebihan para cosplayer. Gampang banget akrab sama temen yang sehobi, apalagi seproject. Sampai cosplayer yang dari luar kota pun bisa kenal dari hobi yang sama. Dan ini adalah salah satu hal yang membuat cosplay begitu istimewa. Karena mereka para cosplayer begitu istimewa untuk dijadikan teman :)

8.        Cosplay itu ga harus Jepang-jepangan

Itu yang putih juga cosplay lho via https://www.facebook.com/emperor.aester
Banyak yang ngira cosplay itu harus jadi tokoh kartun jepang, padahal enggak lho. Jadi batman, iron man, bahkan incess-incess kayak cinderella, snow white itu juga cosplay. Cosplay = costume play, not only anime costume play!

9.        Cosplay pernah membawa harum bangsa Indonesia di kancah Internasional

Indonesia juara 3 dunia via http://www.duniaku.net
Pernahkah kamu melihat orang-orang di atas? Mereka adalah orang-orang yang pernah mengharumkan nama Indonesia di dunia Internasional. Dengan cosplaynya, mereka berhasil menjadi juara 3 WCS (World Cosplay Summit) 2014 yang diadakan di Nagoya, Jepang. Dan ternyata ini bukan yang pertama kali lho, tahun 2012 lalu Indonesia juga meraih juara ke-3. Memang ga seheboh ketika Indonesia juara sepakbola se-Asean, atau seperti juara kontes Indonesian Idol yang langsung ngehitz di media massa. Tapi lihatlah, setidaknya hobi yang kau anggap aneh itu pernah membawa harum nama Indonesia di kancah Internasional.

10.    “Jika kalian masih menganggap cosplay itu aneh, tidak papa, tapi tolong hargailah kami :)”

Cosplay Jogja via https://www.facebook.com/groups/cosplayjogja/
Jika telah membaca paparan di atas dan kalian masih menganggap cosplay itu sesuatu yang tidak wajar, tidak masalah. Semua orang punya pendapatnya sendiri-sendiri. Tapi sejatinya mereka para cosplayer hanya ingin ber’cosplay’ ria, bersenang-senang dengan hobi mereka. Dan karena itu, berhentilah berkata hobi mereka tidak bermanfaat dan hanya menghabiskan uang. Karena daripada menghabiskan hari-hari dengan kuliah yang membosankan, mereka orang-orang yang telah menemukan bentuk refreshing agar hidup mereka lebih menarik.
Itulah fakta-fakta tentang cosplay yang mungkin masih belum banyak orang tahu. Jika ada yang mungkin tidak sesuai dengan keadaan yang ada sekarang saya selaku penulis minta maaf, karena artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman yang saya rasakan. Saya dulu pernah sempat menjajal hobi ini, walau tidak lebih dari setahun. Dan walau sekarang sudah berhenti karena ada suatu hal, saya tetap mencintai hobi ini, karena bagaimanapun cosplay adalah hobi yang menyenangkan :)
Ini adalah versi asli dari artikel yang dimuat di Hipwee dengan judul 10 Alasan Kenapa Kamu Tak Lagi Boleh Memandang Sebelah Mata Para Cosplayer

0 komentar:

Post a Comment